5 Cara Membawa Al-Quran Dekat dengan Hati Anda

Seberapa seringkah Anda terbangun dengan kerinduan untuk mencapai impian Anda?

Untuk memenuhi impian itu, Anda ingin belajar mengaji mengubah kebiasaan Anda menjadi kebiasaan yang lebih positif dan produktif. Untuk meningkatkan ibadah Anda, kembalilah iman dalam diri Anda dan sematkan hati Anda yang mungkin akan berkarat.

Manfaat belajar mengaji Untuk Kehidupan

Keinginan ini mendorong Anda untuk terlibat dalam banyak kegiatan belajar mengaji – seperti berdoa Tahajjud (doa malam); permohonan meningkat, memberi makan orang miskin dan membutuhkan; memberi dalam amal; membantu dalam proyek-proyek komunitas belajar mengaji; dan melakukan pekerjaan dakwah.

belajar mengaji

Salah satu kegiatan yang diberkahi adalah membaca Quran.

Nabi (saw) berkata:

Bacalah Al-Quran, karena itu akan menjadi perantara bagi para sahabatnya pada hari kebangkitan. (Muslim)

Namun, daripada melalui resitasi secara rutin, penting untuk menggunakannya untuk menciptakan pengalaman belajar mengaji yang mengubah hidup. Sebuah pengalaman yang akan memungkinkan Anda membaca Al Qur’an dengan suara Anda, namun menanamkan seluruh keberadaan Anda dengan esensinya. Dan melalui maknanya belajar mengaji, temukan kembali hubungan mendalam dengan Pencipta Anda.

Inilah beberapa cara Anda dapat membawa Al-Quran ke dekat hati Anda insyaAllah.

Jadikan Waktu Berkualitas untuk Al Qur’an
Penting untuk memiliki periode bebas khusus dan bebas gangguan untuk pembacaan harian Al-Quran. Tujuan belajar mengaji dewasa online Anda harus membaca dengan tenang dan kehadiran hati, serta mempelajari arti dari ayat-ayat tersebut.

Sebagai kebiasaan biasa, periode-periode itu akan menjadi waktu pribadi untuk refleksi dan pengabdian. Dan itu akan membersihkan pikiran dari kebisingan dan kekacauan kehidupan sehari-hari.

belajar mengaji

Waktu seperti pagi-pagi dan larut malam memberikan ketenangan dan kedamaian yang sangat dibutuhkan, selain memiliki tubuh yang rileks dan hati yang penuh perhatian.

Ciptakan Pengalaman Al-Quran yang Sehat
Libatkan mata Anda saat membaca teks baik dari hard copy atau perangkat yang kompatibel. Sibukkan lidah Anda dengan pembacaan yang terukur dan melodi. Isi telinga Anda dengan bacaan pribadi atau dengarkan reciters lainnya.belajar mengaji

Menggunakan indra yang berbeda akan membuat pengalaman lebih dalam dan lebih bermakna. Dan ini dapat dilakukan saat memasak atau bepergian atau ketika sendirian daripada dikonsumsi atau terganggu dengan pikiran / kegiatan negatif.

Dorong orang lain untuk terhubung dengan Al-Qur’an juga.

Libatkan pasangan Anda, anak-anak dan teman-teman untuk membaca bersama saat berada di perusahaan mereka. Anda juga dapat saling mendengarkan dan mencari koreksi jika membaca dari memori. Maka Anda harus belajar mengaji al quran.

Terhubung ke Kehidupan Sehari-hari
Tetap dekatkan Qur’an dengan Anda – apakah itu salinan cetak, di ponsel, pemutar mp3, tablet – untuk membaca bersama dan sering mendengarkan.

 

Renungkan secara mendalam dan ambil pelajaran dari makna, coba hubungkan ini dengan peristiwa kehidupan sehari-hari. Berhubungan dengan pelajaran seperti itu (kesabaran, pengampunan, kesopanan, harapan, dll.) Akan membangkitkan emosi – seperti air mata, perasaan mentah dan rentan, kepuasan, rasa terima kasih, ketundukan – semua membuka pintu pemahaman baru tentang kehidupan dan tesnya.

Bagi mereka yang suka menulis, Anda dapat membuat jurnal koneksi yang paling mendalam ke kehidupan pribadi Anda; untuk yang lain, lebih baik dibagikan dengan orang yang dicintai.

Sampaikan dari saya bahkan jika itu hanya satu ayat Al-Qur’an. (Bukhari dan Muslim)

Buka Hatimu
Al-Qur’an ini telah diberikan kepada kita sebagai hadiah untuk bimbingan. Bimbingan menuju jalan damai yang sering kita dambakan. Karena hati kita selalu menginginkan kedamaian, dan ketenangan di tengah kesibukan hidup.

belajar mengaji

Inilah Kitab yang tidak diragukan lagi, petunjuk bagi mereka yang sadar akan Allah… (2: 2)

Ketika Anda membuka hati untuk menemukan bimbingan melalui ayat-ayat Al Qur’an, Anda akan dapat merefleksikan tujuan keberadaan Anda & bagaimana memenuhinya.

Anda harus selalu ingat bahwa Al-Quran adalah sumber panduan dan panduan bagi semua umat manusia.

Tanyakan kepada Allah SWT
Buatlah Dua yang tulus untuk hati yang melekat pada Al-Quran dan tunduk padanya. Dan anggota badan yang bertindak berdasarkan ajaran dan karakter yang direformasi melalui pelajaran di dalamnya.

Tidak cukup hanya membaca Al-Quran setiap hari dan dengan nada terbaik. Seseorang harus mencari kebenaran dan bimbingan cara belajar mengaji sendiri agar dapat bertindak sesuai dengan apa yang dilakukan sahabat – menggabungkan pengetahuan dan tindakan. Carilah dan Anda akan menemukan kabar, kekuatan, kabar gembira, bimbingan, dan banyak lagi.

Mengapa tidak menjadikan Al Qur’an sebagai rekan tepercaya Anda dalam perjalanan hidup ini?

Buka hatimu untuk bimbingannya. Dan apa pun jadwal Anda, menjadikannya prioritas utama untuk tidak pernah membiarkan satu hari berlalu tanpa mengambil pelajaran baru dari Al-Quran. Lakukan dengan komitmen dan ketulusan dan mintalah kepada Allah untuk membuat Anda tetap teguh.