Apa itu Server Email?

Dengan mengklik tombol mouse, Anda dapat mengirim email dari satu titik vps windows murah dunia ke yang lain dalam hitungan detik. Sebagian besar dari kita menganggap proses vps windows murah ini sebagai hal biasa, hanya sedikit memikirkan cara kerjanya. Sangat mudah untuk memahami bagaimana standar snail-mail mendapat dari titik A ke titik B – tetapi bagaimana pesan email membuat jalan dari pengirim ke penerima? Jawaban atas pertanyaan itu berkisar pada sesuatu yang disebut server email. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang peran yang dimainkan oleh email dalam pengiriman email dengan membaca di bawah ini.

vps windows murah

Apa itu Server Email?
Sebuah mail server adalah komputerisasi yang sepadan dengan mailman tetangga Anda yang ramah lingkungan. Setiap email yang dikirim melewati serangkaian server email di sepanjang jalan menuju penerima yang dituju. Meskipun mungkin tampak seperti pesan yang dikirim langsung – zipping dari satu PC ke yang lain dalam sekejap mata – kenyataannya adalah bahwa serangkaian transfer yang kompleks terjadi. Tanpa rangkaian server email ini, Anda hanya dapat mengirim email ke orang-orang yang memiliki domain alamat email yang cocok dengan Anda – yaitu, Anda hanya dapat mengirim pesan dari satu akun example.com ke akun example.com lain.

Keutungan Dalam Menggunakan vps windows murah

Jenis Server Email
Server hosting murah email dapat dipecah menjadi dua kategori utama: server email keluar dan server email masuk. Vps windows murah klik di sini. Server email keluar dikenal sebagai SMTP, atau Simple Mail Transfer Protocol, server. Server email masuk memiliki dua vps windows murahvarietas utama. POP3, atau Post Office Protocol, versi 3, server paling dikenal untuk menyimpan pesan yang dikirim dan diterima pada hard drive lokal PC. IMAP, atau Protokol Akses Pesan Internet, server selalu menyimpan salinan pesan di server. Sebagian besar server POP3 dapat menyimpan pesan di server, yang jauh lebih nyaman.

Proses Mengirim Email
Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar tentang server email masuk dan keluar, akan lebih mudah vps windows murah untuk memahami peran yang mereka mainkan dalam proses email. Langkah-langkah dasar dari proses ini diuraikan di bawah ini untuk kenyamanan Anda.

Langkah # 1: Setelah menulis pesan dan menekan kirim, klien email Anda – apakah itu Outlook Express atau Gmail – terhubung ke server SMTP domain Anda. Server vps windows murah ini dapat diberi nama banyak hal; contoh standar adalah smtp.example.com.

Langkah # 2: Klien email Anda berkomunikasi dengan server SMTP, memberikan alamat email Anda, alamat email penerima, isi pesan dan semua lampiran.

Langkah # 3: Server SMTP memproses alamat email penerima – terutama domainnya. Jika nama domain sama dengan pengirim, pesan akan diarahkan langsung ke server POP3 atau IMAP domain – tidak diperlukan perutean antar server. Jika domain berbeda, server SMTP harus berkomunikasi dengan server vps windows murah domain lain.

Langkah # 4: Untuk menemukan server penerima, server SMTP pengirim harus berkomunikasi dengan DNS, atau Server Nama Domain. DNS mengambil nama domain email penerima dan menerjemahkannya menjadi alamat IP. Server SMTP pengirim tidak dapat merutekan email dengan benar hanya dengan nama domain; alamat IP adalah nomor unik yang ditetapkan untuk setiap komputer yang terhubung ke Internet. Dengan mengetahui informasi ini, server email keluar dapat melakukan pekerjaannya secara lebih efisien.

Langkah # 5: Sekarang server SMTP memiliki alamat IP penerima, ia dapat terhubung ke server SMTP-nya. Ini biasanya tidak dilakukan secara langsung vps windows murah; sebaliknya, pesan dirutekan bersama serangkaian server SMTP yang tidak terkait sampai tiba di tujuannya.

vps windows murah

Langkah # 6: Server SMTP penerima memindai pesan yang masuk. Jika ia mengenali domain dan nama pengguna, ia meneruskan pesan itu ke server POP3 atau IMAP domain. Dari sana, ditempatkan dalam antrian sendmail sampai klien email penerima memungkinkannya untuk diunduh. Pada titik itu, pesan dapat dibaca oleh penerima.

Bagaimana Email Klien Ditangani
Banyak orang menggunakan klien email berbasis web, seperti Yahoo Mail dan Gmail. Mereka yang membutuhkan lebih banyak ruang – terutama bisnis – sering harus berinvestasi di server mereka sendiri. Itu berarti bahwa mereka juga harus memiliki cara untuk menerima dan mengirim email, yang berarti mereka harus menyiapkan server email mereka sendiri. Untuk itu, program seperti Postfix dan Microsoft Exchange adalah dua opsi yang paling populer. Program semacam itu memfasilitasi proses sebelumnya di belakang layar. Mereka yang mengirim dan menerima pesan melalui server email itu, tentu saja, umumnya hanya melihat bagian “kirim” dan “terima” dari proses itu.

Pada akhirnya, server email adalah komputer yang membantu memindahkan file ke tujuan yang dimaksudkan. Dalam hal ini, tentu saja, file-file itu adalah pesan email. Semudah mereka mengambil begitu saja, itu pintar untuk memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana server email bekerja.